Home / DUNIA SEPUTAR AL QUR'AN / PENTINGNYA NIAT YANG LURUS BAGI PARA PENGHAFAL QUR’AN
images-1

PENTINGNYA NIAT YANG LURUS BAGI PARA PENGHAFAL QUR’AN

Oleh : Naura Zukhrufana Muttatiar
(Santriwati Ma’had Tahfizhul; Qur’an KHOIROTUN HISAN Khusus Muslimah
(Berbasis Bakat dan Entepreunership)

 

“LIHATLAH CERMIN ITU, BAYANGAN ATAUKAH DIRIMU …?

LIHATLAH HATIMU, SUDAH LURUSKAN NIAT MU ..?”

img-20171022-wa0015Niat, ya ….salah hal yang harus dipahami oleh setiap muslim yakni niat. Tujuan hebat, mimpi-mimpi besar akan hancur begitu saja jika tidak berlandaskan niat.

Untuk itu niatkanlah setiap amal dan aktivitas kita dengan niat yang baik, sebab setelah tujuan yang ingin kau raih telah nyata, tak ada seorang pun yang merugi, baik diri kita maupun orang lain

Yang perlu kita pahami, bahwa niat yang baik semata belumlah cukup, akan tetapi niat itu harus tertanam dengan benar, punya komitmen yang besar serta keyakinan dan ketulusan.

Semua itu dibangun dengan satu tujuan yang benar yakni niat semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta’ala

Sebagaimana yang diterangkan dalam sebuat hadits Rasulullah Sholallahu alaihi wa salam : “Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan niatnya, maka barang siapa yang hijroh karena Allah dan RaulNya, maka hijrohnya kepada Allah dan RasulNya. Barangsiapa yang hijroh karena dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrohnya kepada apa yang ditujunya …..” (HR. Bukhori dan Muslim)

Karena pentingnya niat yang lurus sebagai pijakan atas perjalanan hidup setiap muslim, maka pastikan niat yang kita tanam adalah niat yang benar yakni semata-mata karena Allah Ta’alla

Terlebih lagi jika kita bercita-cita ingin menjadi seorang hafizhah (penghafal Qur’an), maka sejak awal kita masuk dalam pondok pesantren, pada saat kita sedang menghafal Qur’an, bahkan setelah hafal Qur’an 30 Juz pun niat yang lurus tidak boleh kita lupakan. Sebab tanpa niat yang benar semata-mata karena Allah, semua akan sia-sia saja.

Untuk itu jangan pernah lupa mengiringi setelah sholat-sholat kita dengan berdo’a dan memohon pada Allah Ta’alla agar kita senantiasa diberikan niat yang lurus, sebab niat yang lurus adalah kunci dari setiap amalan kita dihadapan Allah Subnahu wa Ta’alla. Wallahu a’lam bishowab …..

About Baitul Maal Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*